RSS

7 Ciri Khas Para Demonstran

22 Jan

Para demonstran merupakan suatu kelompok masyarakat ataupun suatu instasi yang melakukan kegiatan demo dengan tujuan-tujuan tertentu. Bisa saja untuk menuntut hak mereka, memprotes suatu keadaan, atau terkadang-kadang hal yang aneh untuk di-demo-kan. Namun tahukah kamu ciri khas yang selalu dilakukan oleh para demonstran ? Mungkin sedikit yang kamu tahu, dan disini aku akan memaparkan 7 ciri khas para demonstran menurut hasil pengamatanku.

Para demonstran selalu membawa spanduk yang berisi kritikan, protes mereka, kecaman, ataupun ekspresi kekecewaan mereka melalui sebuah rangkaian kalimat. Mereka selalu membuat spanduk apa adanya, terkadang hanya kardus yang kemudian ditulis dengan menggunakan spidol papan tulis. Mungkin aja karena mereka kekurangan biaya sehingga terkadang mereka hanya membuat spanduk alakadarnya.

Kebanyakan demonstran selalu menggunakan ikat kepala seperti pejuang jaman dulu, terutama para demonstran mahasiswa. Mungkin saja itu menjadi simbol semangat mereka untuk memperjuangkan hak mereka tanpa mengenal menyerah ya? Merdeka!! Merdeka!!

Banyak demonstran yang selalu menggunakan seragam yang sama. Mungkin para demonstran tersebut satu instansi yang ingin menuntut hak mereka, contohnya guru-guru honor yang berdemo. Tapi bisa saja ya jika tujuan menggunakan seragam yang sama dimaksudkan agar orang-orang dapat membedakan mana para demonstran dan mana para penonton demonstran ya? Xixixixixixixixixixi….

Ada gula ada semut. Ada demonstran ada provokator. Nah itulah yang selalu melekat pada demonstran. Sesuai dengan pengamatanku, provokator itu selalu membawa mikrofon buat teriak-teriak (bukan jualan obat ya..) dan ia selalu berada di barisan depan. Tapi banyak juga provokator yang sembunyi di kandang sedangkan pasukannya yang di korbankan. Ckckckckck… Terlalu…(nada bang Haji Rhoma Irama). Gak gentle! Namun seharusnya provokator itu bisa mengatur pasukannya agar demonstran-demonstran lain bisa tertib saat berdemo jadi kan tidak merugikan orang lain.

Nah ini dia bagian yang aku paling gak suka, yaitu demonstran selalu melakukan aksi bakar-bakaran pakai kertas lah, ban lah, boneka lah, atau apa lah. Gak tahu mereka ya kalau aksi bakar-bakaran itu kan menimbulkan polusi udara terus menambah dampak global warming. Adeh!! Saranku supaya demonstran itu jangan bakar mobil (jangan deh mobil mahal tao!), ban, atau kertas tapi coba bakar sate, jagung, ikan atau ubi lah kan malah menguntungkan mereka. Pas demo laper, eh ada sate lansung sikat, enak kan? Ahihihihihihihihihihi………..

Anarkhi atau bahasa gak formalnya anarkis. Banyak masyarakat yang resah akibat kelakuan para demonstran yang selalu anarkhi. Kenapa sih para demonstran selalu begitu? Banyak demonstran yang selalu berkata, “KAMI MELAKUKAN ITU KARENA KAMI INGIN MENUNTUT HAK KAMI!!!”. Tapi tahukah mereka jika hak masyarakat yang tidak ikut berdemo jadi ikut terampas karena terkadang rumah, harta atau diri maupun sanak keluarga mereka terkobankan karena perbuatan anarkhi tersebut. Hhhhmmmm….. Kasihan. Ya moga aja gak ada kejadian seperti itu ya di negeri ini. Amin.

Ini dia bagian terakhirnya. Apakah ciri khas terakhir para demoonstran ? Semua orang pasti tahu ya. Yaitu demonstran selalu membuat macet jalan. Ya iyalah secara yang demo kan banyak kalau cuma satu sih kayak jualan obat di pasar dong. Meskipun banyak demonstran mengaku akan berdemo secara tertib tapi tetep kan bikin macet jalan. Cape dech!

Moga aja blogku ini bisa menambah pengetahuan kalian tentang ciri khas dari para demonstran. Aku mohon maaf jika ada pihak terkait yang merasa dijelekan. Blog ini aku buat dengan maksud agar pihak terkait bisa tidak melakukan hal-hal yang merugikan seperti ciri-ciri khas demonstran yang buruk, karena demonstran yang taat aturan, tahu etika, dan tertib akan dapat menciptakan suasana yang aman serta dapat banyak dukungan jika kita melakukan demo yang positif.

THANK YOU FOR YOUR ATTENTION AND SEE YA…….

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Januari 22, 2012 in Unique

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: